Anime Episodik; Sekali Waktu, Satu Kisah

Anime dengan sistem episodik memang memiliki beberapa kekurangan, seperti kurangnya pembangunan karakter atau latar. Sehingga para penonton agak sulit berempati dengan apa yang terjadi kepada tokohnya (terutama tokoh sampingan). Eksekusi plotnya juga seringkali terasa terburu-buru, mengingat terbatasnya durasi. Tapi itu bukan berarti tidak ada anime episodik yang bagus, sebut saja Mushishi. Anime ini banyak dipuji dan bahkan dipuja sebagai salah satu mahakarya.
Saya berusaha menyusun daftar rekomendasi anime episodik bagi kalian yang ingin hiburan disela kesibukan kalian (Yang gak sibuk juga boleh kok😀 ). Tentunya ini didasarkan pada selera pribadi saya yang kadang agak aneh menurut teman-teman saya :p (karena normal itu dekat pada mainstream, uhuk!).

1. Pengembaraan Kino (Kino no Tabi)

Anime yang sudah cukup lama, seangkatan dengan Mushishi season pertama pada 2005 silam. Visualnya memang agak buram, tapi ini cocok dengan aura sendu serial ini. Tokoh utamanya adalah Kino; si remaja pengembara dan Hermes; kendaraan sekaligus rekan seperjalanannya. Mungkin terdengar aneh, tapi benar kok, Hermes itu motor yang dapat berbicara. Disetiap episode, mereka melakukan perjalanan ke berbagai negeri dengan misteri dan keanehannya masing-masing. Kino sendiri bukan remaja pada umumnya. Kino akrab dengan beragam senjata. Dia bahkan tak segan membunuh yang mengancam nyawanya. Yah anime ini memang cukup banyak adegan kekerasan, tapi tak ada konten seksual. Bisa dibilang anime ini cukup solid disetiap episodenya. Jika nantinya kalian suka dan masih ingin menyimak lebih banyak pengembaraan Kino dan hermes, kalian bisa membaca ranobe nya di Bakatsuki (dalam bahasa inggris tentunya).

2. Majalah Gadis Bulanan Nozaki (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

Anime adaptasi dari manga 4 koma yang dipublikasikan secara online oleh Square Enix. Diawali oleh kesalahpahaman saat menembak seorang kakak kelas, Si mungil Chiyo malah menemukan fakta mengejutkan bahwa cowok-kekar-berwajah-datar yang ditaksirnya adalah pengarang komik romansa cewek. Alih-alih menjadi pacar, dia malah dijadikan asisten dan terseret kedalam lingkaran kegilaan dan teman-teman nozaki yang tak kalah anehnya. Selama menonton ini tak jarang kalian akan merasa perlu menghabok nozaki yang punya ketidakpekaan level dewa terlepas dari komik romantis yang dikarangnya. Kalau kalian ingin seri episodik yang sejenis dengan ini ada Danshi kokousei no Nichijou (komik 4koma Square Enix juga) dan ‘saudarinya’ Nichijou (humornya jauh lebih absurd).

3. Bartender

Anime seinen dengan tema yang unik.Sasakura Ryu akan menyuguhkan berbagai cocktail yang melatari kisah dan hubungan para karakter di dalamnya. Ryu sendiri bukan bartender biasa, dia memiliki julukan “Gelas Tuhan” karena profesionalitasnya. Ini juga termasuk seri cukup lawas yang pernah mengisi slot NoitaminA. Anime ini hampir tanpa aksi, ceritanya digerakkan oleh percakapan dan narasi para tokohnya. Jadi mungkin akan membuat beberapa orang mengantuk. Yang paling saya sukai dari anime ini adalah soundtrack bernuansa jazz yang membuat anime ini terasa berkelas. Ah ya, bukan berarti saya menyarankan anda untuk meminum alkohol dan mabuk-mabukan. Anggap saja ini sebagai sebuah referensi tentang budaya dan gaya hidup orang luar sana yang mungkin tak akan pernah kamu cicipi. Walaupun tak ada konten seksual didalamnya, sebaiknya kalian menonton anime ini jika sudah cukup umur.

4. Buku Pertemanan Natsume (Natsume Yuujinchou)

Sejak kecil Natsume membenci kemampuannya yang dapat melihat mahluk halus. Karenanya orang disekitarnya menjadi takut dan mengucilkannya. Tapi setelah menjadi pemilik ‘Buku Pertemanan’ milik almarhum neneknya perlahan dia menyadari pentingnya kemampuan itu. Perlahan Natsume memiliki teman, baik dari kalang manusia maupun siluman. Ah ya, saya agak bingung membuat ringkasan anime ini, berhubung sudah lama sekali saya menontonnya. Setiap episode umumnya menceritakan usaha Natsume dalam mengembalikan nama siluman yang tersegel dalam ‘Buku Pertemanan’ sekaligus membantu permasalahan mereka.Tiga season yang pernah dirilis untuk anime ini sudah cukup membuktikan bahwa ini layak ditonton. Tapi mungkin ada diantara kalian yang menganggap gambarnya kurang memuaskan karena mempertahankan gaya ala sketsa tangan seperti di manganya. Terlepas dari itu, pasti akan sulit untuk tidak menyukai segala tingkah Nyanko-sensei si ‘Kucing peliharaan’ Natsume.

5. Aria The Animation

Berlatar di sebuah kota replika dari Venezia yang terletak di Planet Aqua (Mars yang telah di tranformasi). Anime ini menghadirkan keseharian para gadis yang bekerja sebagai pendayung perahu gondola sekaligus pemandu wisata (Undine). Keceriaan Akari, keramahan Alicia dan interaksi mereka dengan para wisatawan dan sesama penghuni Neo Venezia akan menghadirkan nuansa yang hangat dan tentram. Para kucing maskot, terutama Si gembul ‘Presiden Aria’ juga akan membuat kalian gemas. Sekedar trivia, para peneliti di NASA mengklaim adanya jejak aliran air di Mars yang kini permukaanya dilapisi oleh es. Jadi ada kemungkinan kalau suatu hari nanti Neo Venezia bisa menjadi kenyataan. Tertarik untuk pindah ke sana?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s