Hari Minggu, Anime dan Tinju

Tahun 90-an sampai awal 2000-an, Hari Minggu merupakan hari yang paling dinantikan oleh anak-anak di Indonesia tak terkecuali bagi saya dan kakak laki-laki saya. Pasalnya pada hari itu sejumlah stasiun TV berlomba-lomba menayangkan program yang ditujukan untuk anak-anak, berupa acara musik, komedi, kartun barat dan tak lupa kartun dari Jepang atau yang sekarang lebih kita kenal dengan sebutan ANIME!

Ketika terbangun di minggu pagi, kami berusaha secepat mungkin untuk menyelesaikan tugas-tugas kami di rumah seperti membersihkan rumah dan mencuci baju agar bisa duduk manis di depan TV menikmati anime-anime kesukaan di salah satu stasiun TV swasta kalau boleh di sebut namanya.. RCTI. Berhubung kami tinggal cukup jauh dari kota dan daya tangkap antena rumah saya terbatas jadinya cuma ada TVRI, RCTI dan SCTV
(sial gak ada Indosiar dan TV7)

RCTI menayangkan anime dari pukul 7 pagi sampai 12 siang. Yang paling saya suka dari puluhan anime yang pernah mereka tayangkan adalah UFO Baby (Da! Da! Da!), CYBORG 009 dan Cardcaptor Sakura! Selebihnya, walaupun gak terlalu suka, saya tetap menonton anime-anime lainnya sambil menunggu waktu anime favorit tayang.

Pokoknya hari minggu itu spesial buat anak-anak. Bahkan iklan yang menyelingi tayangan-tayangan itu pun ditujukan buat anak-anak. Mulai dari iklan snack, shampo, rumah makan cepat saji, hingga sepatu yang bisa menyala😛. Produk-produk tersebut rata-rata menawarkan hadiah yang temanya gak jauh-jauh dari anime atau kartun yang sedang tayang.

Tapi, yang namanya iklan tetap saja membosankan. Biasanya kami menyiasatinya dengan memindah channel, walaupun kami tau acara di stasiun sebelah juga gak menarik :p. Terkadang kegiatan pindah channel ini berakibat ‘Tragedi’, ah ya Tragedi. Tragedi jika kami sedang pindah channel ke SCTV, dan kebetulan saat itu sedang disiarkan Pertandingan Tinju yang kemudian di saksikan oleh bapak saya yang kebetulan sedang lewat di ruang keluarga.
“Wah ada pertandingan tinju! Seru ni! Sini remotenya!” ujar bapak saya yang penggemar tinju dengan antusiasnya.
Lantas kakak saya pun dengan berat hati menyerahkan tampuk kekuasan itu (remote TV maksudnya :p). Dalam hati kami pun berteriak, “TIDAAAKK!!!”.

Ah menyebalkan memang! Kakak saya terpaksa harus melewatkan ONE PIECE dan YUGI-OH yang dia nanti-nantikan. Dan saya juga tidak dapat menyaksikan kostum-kostum imut yang di kenakan oleh Sakura Kinomoto saat memburu Clow Card.

Tinggalkan Balasan

