sedikit coretan awal tentang vocaloid

VOCALOID yups! Bagi yang sudah tau tentang apa itu Vocaloid pasti yang terlintas di benaknya adalah Hatsune Miku dan sederetan virtual diva lainnya. Tapi bagi yang belum tau.. sungguh terlalu apalagi ngaku-ngaku seorang otaku tapi tidak tau Vocaloid! silahkan cari di google atau baca di  wikipedia atau kalu memang malas me- load tab baru saya jelaskan sedikit

Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

Saya sendiri pertama kali mengenal  Vocaloid dari acara favorit saya, Imagine Nation yang ditayangkan di NHK World, saat itu yang dibahas hanyalah Hatsune Miku (pas konser 2009 silam). Awalnya saya tidak tertarik karena tidak mengerti apa yang sedang acara tersebut bahas dan hampir saja ganti channel, lantas saya melihat sosok Hatsune Miku dengan twintail-nya yang aneh.. hehe (twintailnya 1,5 meter kayaknya) yang sedang di elu-elukan ribuan penonton, satu kata  yang terpikir dari otak saya “AWESOME!” .  oke.. umm.. apa yang harus saya katakan untuk mendeskripsikan ke-Awesome-an yang saya maksud tersebut (bahasanya maksa banget) ? Sebuah atau seorang? Haha.. yang pasti dia bukan manusia hanya sebuah program syntitaizer yang di tampilkan live dalam wujud hologram 3D… Hologram 3D yang sangat realistic. biasanya karakter layaknya miku dapat  anda jumpai dalam anime atau manga berformat 2D, tapi tidak dengan Hatsune Miku, dia hadir di atas panggung menyanyi dan menari layaknya diva pop dunia dengan koreografi  eksentriknya yang energik serta diiringi band asli. Miku juga bia amenyapa penonton tapi tidak dapat bersalaman atau menerima bunga  karena dia hanyalah sebuah hologram ^^”

Sebenarnya Vocaloid bukan hanya Hatsune Miku saja, ada banyak karakter lain seperti Luka Megurine, Len & Rin Kagamine, kaito serta Gakupo dan beberapa character lainnya yang kebanyakan adalah fanmade yang basenya dibuat berdasarkan karakter resmi atau utama dari vocaloid. Namun di sini sepertinya saya kebanyakan dan hanya membahas Hatsune miku saja yang memang merupakan chara  vocaloid yang paling saya sukai.

Hatsune Miku merupakan vocaloid generasi kedua yang sampel suaranya di ambil dari Seiyuu (sebutan  bagi pengisi suara anime) di Jepang  yaitu Mbak Saki Fujita😄 Image

 bisa dibilang bahwa tonggak awal fenomena vocaloid bersal dari Hatsune Miku, tanpa Miku vocaloid tak lebih hanyalah sebuah program tak dikenal yang digunakan untuk mengcompose lagu dan musik. tapi semenjak band SUPERCELL di jepang mempost video dengan lagu MELT ke situs NicoNico Douga maka popularitas Hatsune Miku pun mulai melejit diiring dengan semakin banyaknya lagu yang dicompose untuknya dan video yang di upload ke NNDG. Imagem umm.. saya kira segitu saja dulu… saya juga bingung karena rasanya ada beberapa bagian sejarah  kemunculan miku yang saya tidak cantumkan dalam tulisan ini karena saya bingun! haha… (gak lucu!). sebenarnya saya juga ingin memposting beberapa gambar miku dan personil vocaloid di awal postingan saya tadi tapi bodohnya saya tidak tau caranya… T___T mohon maklumi ke-gaptekan saya ini… -__-.

saya rasa anda yang masuk lebih tepatnya nyasar ke blog saya dengan kata kunci ‘vocaloid’ atau ‘Hatsune Miku’ juga setidaknya sudah mendapat deskripsi singkat tentang apa itu Vocaloid.  yah.. anda memang harus tau apa itu VOCALOID karena VOCALOID itu.. AWESOME!!!!

*di timpukin yang baca*

 

so..so..
segini saja dulu… ah.. cukup ya.. kalau tidak cukup saya juga tidak peduli yang penting saya sudah posting di blog ini…
(apa-apaan yang nulis blog ini?)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s